Sabtu, 08 November 2014

PERAN TPA DENGAN PENDIDIKAN DI MADRASAH

 Suasana TPA AN-NAFSIYATUL HIDAYAH JETO, GADEN, TRUCUK, KLATEN sepulang TPA. Anak-anak terlihat ceria.
 Anak-anak sedang mendengarkan ceramah yang disampaikan guru ngaji.


Kami mengutip kesimpulan penelitian kaitan antara TPA dengan Pendidikan di usia dasar/sekolah dasar (dalam hal ini khususnya MI). Kesimpulan dan saran ini kami kutip dari sini

KESIMPULAN:
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa keberadan TPA Nurusshobah memang sangat berperan dalam meningkatkan pendidikan agama terutama pada anak usia sekolah dasar yang berada di lingkungan setempat. Dengan adanya lembaga sekolah non formal seperti TPA Nurusshobah dapat mempermudah terwujudnya fungsi dan tujuan pendidikan nasional serta pendidikan keagamaan.

Jadi kesimpulannya, pendidikan di TPA sangat mempengaruhi pendidikan di sekolah dasar khususnya MI dimana pendidikan agama sangat ditekankan. Dan banyak anak-anak di sekolah dasar biasanya mampu membaca Al-Quran dengan baik karena hasil didikan di TPA. Dalam hal inipun terjadi di MIM GADEN 2 TRUCUK. Yang berlokasi di Masjid AN-NAFSIYATUL HIDAYAH. Otomatis banyak siswa/i MIM GADEN 2 yang merupakan santriwan/wati TPA AN-NAFSIYATUL HIDAYAH JETO. Karena itu hendaknya guru baik MIM GADEN 2 dan TPA AN-NAFSIYATUL HIDAYAH bekerja sama agar pendidikan lebih maju dan saling melengkapi di antara keduanya.

Karena itu, saran dari kami agar para guru sekolah dasar memperhatikan TPA di lingkungannya, karena itu akan sangat berpengaruh dengan kualitas pendidikan mereka juga, dan juga efektivitas dan efisiensi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar