Jumat, 30 Oktober 2015

PENTINGNYA KOMUNIKASI GURU DENGAN WALI MURID


Fajarnews.com, CIREBON- Orang tua menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam proses perkembangan belajar anak. Oleh karena itu, belajar formal di sekolah tidak bisa dipisahkan dari peran serta orang tua.



Demi kepentingan anak, sekolah dan orang tua harus mempunyai keterikatan yang baik, hubungan yang harmonis sehingga anak pun dapat bertumbuh-kembang secara maksimal sesuai dengan kemampuan emosional dan intelektualnya.
“Komunikasi orang tua dan guru merupakan penting karena proses perkembangan belajarnya tergantung pada orangt tuanya dalam mendidik, mengevaluasi anaknya tersebut. Komunikasi adalah hal yang paling mendasar dalam membangun dan meningkatkan intelektual si anak,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 13 Kota Cirebon, Euis Sulastri.
Euis Sulastri dikenal oleh guru-guru memiliki sikap yang baik. Kata dia, komunikasi selalu menjadi peranan penting, entah itu hubungan pertemanan, keluarga, bisnis dan sebagainya.
“Demikian juga hubungan yang dijalin antara sekolah dan orang tua. Nah, apa yang harus dilakukan oleh pihak sekolah supaya orang tua tetap mempercayakan buah hatinya untuk belajar di sekolah yang sama,” ujar Ibu yang pernah kuliah di Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor.
Menurut dia, tantangan mempimpin sebuah sekolah adalah menyatukan vis misi sekolah tersebut untuk membawa perubahan yang lebih baik.
“Untuk mencapai tujuan, pihak sekolah harus berjalan seiring seuyunan. Saya pribadi sebagai pemimpin harus merangkul para guru dan staf agar saling memahami. Selain itu juga, kami memberikan peran penting komunikasi pada orang tua siswa, memberikan perhatian lebih kepada para siswa,” papar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar